#LawanPelemahanKPK

Sejak KPK gencar memberantas korupsi, muncul upaya pelemahan KPK oleh koruptor dan pendukungnya. Dukung ICW memperkuat KPK melalui program #LawanPelemahanKPK

Hingga saat ini perlawanan terhadap KPK belum juga usai. Sepanjang tahun 2017 lalu lembaga antirasuah itu tak henti-hentinya berjibaku untuk mempertahankan eksistensi gerakan antikorupsi. Mulai dari isu revisi UU KPK, pengajuan Hak Angket DPR, sampai pada penyiraman air keras kepada salah seorang penyidik senior, Novel Baswedan.

Bahkan jika dilihat tren legislasi DPR, dapat dipastikan selalu ada pembahasan untuk menggembosi kewenangan KPK. Masuk pada tahun 2018 isu mengenai Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana pun dimulai. Keberadaan KPK sebagai lembaga yang menangani tindak pidana korupsi sempat terancam. Saat itu DPR berusaha ingin memasukkan ketentuan-ketentuan penting dalam UU Tindak Pidana Korupsi ke dalam RKUHP. Konsekuensi logisnya adalah kejahatan korupsi tidak lagi dikategorikan sebagai kejahatan luar biasa (extraordinary crime) akan tetapi kembali menjadi kejahatan umum. Tentu ini merupakan kemunduran bagi upaya memaksimalkan perlawanan terhadap korupsi.

Anda dapat membantu ICW untuk selalu menghadang setiap perlawanan terhadap KPK. Donasi yang anda berikan akan digunakan untuk mendukung aksi serta rangkaian kegiatan advokasi antikorupsi.